Laporan Proposal Penulisan Ilmiah Software Writing and Spelling

8 01 2012

Kata Pengantar

Bismillahir rahmannirrahim

Puji syukur kami haturkan ke haribaan Allah SWT, karena berkat rahmat,

inayah dan hidayah-Nya kami dapat menghadirkan sebuah makalah mengenai

”software writing and spelling“.

 Dimana dengan software ini, kami mengajak pembaca untuk mengetahui

bagaimana cara mengajarkan menulis dan mengucapkan alphabet kepada anak kecil.

Demikianlah hal yang mendorong kami menghadirkan makalah ini,

mengingat banyaknya orang yang masih belum mengetahui bagaimana cara

mengajarkan menulis dan mengucapkan alphabet dengan bahasa inggris.

Kami berharap dengan adanya makalah ini, orang tua ataupun saudara

 /saudari dapat mengajarkan menulis dan mengucapkan alphabet kepada anak-anak

kecil supaya mereka sudah dapat pelajaran sejak dini.

Akhirnya sebagai harapan kami semoga makalah ini dapat membawa manfaat

bagi kita.

 

Tim penyusun

 

Laporan Proposal Penulisan Ilmiah Software Writing and Spelling

 

Diusulkan oleh :

Muhamad Reza (15109113)

 

UNIVERSITAS GUNADARMA

DEPOK

2008

 

HALAMAN PENGESAHAN

1.      Judul Kegiatan                : Analisis Faktor yang Berpengaruh terhadap Kecelakaan

   Kereta Listrik di Jabodetabek (Pendekatan Deskriptif)

2.      Pelaksana Kegiatan                                                                                            

    a. Nama Lengkap                  : Muhamad Reza                                               

    b. NIM                                  : 15109113                                      

    c. Universitas                        : Gunadarma                                           

                                                                                                             Depok, 8 Januari 2008

Menyetujui :

Ketua Jurusan Sistem Informasi                                                                      Pembantu Rektor Bidang

 

 

 

( Dr. Setia Wirawan )                                                                             (Dr. Irwan Bastian )

ABSTRAK

Sudah menjadi kenyataan dan tidak dapat dipungkiri bahwa komputer mempunyai peranan penting didalam berbagai bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan. Bidang pendidikan merupakan titik sentral dalam pembentukkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Pemerintah Indonesia telah menetapkan wajib belajar 9 tahun dimulai dari Sekolah Dasar (SD) selama 6 tahun dan dilanjutkan ke Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) selama 3 tahun. Pada umumnya seorang anak mulai sekolah ditingkat SD pada usia 6 tahun, namun kita juga perlu memperhatikan pendidikan anak-anak sedini mungkin yaitu jika anak sudah berumur 3 tahun dapat dimasukkan ke dalam Kelompok Bermain (Play Group) dan jika telah berumur 4-5 tahun dapat dimasukkan kedalam Taman Kanak-Kanak(TK).

Pendidikan anak pada usia dini sangat diperlukan karena pada tahap tersebut sistem pengajaran akan mempengaruhi tingkah laku dan pola berfikir anak. Rasa keingintahuan anak akan timbul jikala ia menemukan sesuatu hal yang baru dan ada kecenderungan ingin mencoba hal tersebut, pada saat itulah seorang anak perlu bimbingan yang tepat. Membaca dan menulis adalah satu hal yang sangat fundamental bagi seorang anak sebelum ia mempelajari hal yang lain.

Sampai sekarang media yang sering digunakan dan masih tetap dipergunakan adalah buku dan alat tulis, selain dengan buku media televisi juga dapat dipergunakan. Ada beberapa acara televisi yang menyiarkan program untuk anak-anak dalam mengenal huruf dan membaca seperti acara Sesame Street, namun salah satu kelemahannya adalah kita harus menyesuaikan waktu kita dengan jam tayang dan episode yang ditayangkan. Kita dapat memanfaatkan teknologi lain yang sedang berkembang pesat yaitu komputer. Perkembangan teknologi telah membuat mesin tersebut bukan hanya sebagai alat hitung dan pemprosesan data saja tapi juga dapat dipergunakan sebagai multimedia dan salah satunya dapat dimanfaatkan didalam dunia pendidikan.

Seorang anak bisa membaca, menulis dan berhitung dapat lebih interaktif dengan menggunakan komputer. Gambar yang ditampilkan dapat lebih menarik jika dibandingkan dengan hanya menggunakan media buku atau papan tulis. Oleh karena itu penulis mencoba membuat program yang dapat dipergunakan sebagai sarana untuk pembelajaran anak-anak didalam mengenal huruf . Didalam program ini selain gambar yang dinamis yang disertai animasi juga menggunakan musik dan efek suara yang dapat memberi contoh kepada pengguna (user) dalam menyebutkan sebuah huruf. Dan secara tidak langsung anak mulai diperkenalkan dengan komputer dan cara penggunaannya, seperti ia dapat menggerakkan mouse, meng-klik tombol mouse ataupun mengetahui letak tombol-tombol keyboard khususnya tombol-tombol huruf (alphabet) yang diharapkan nantinya mereka dapat mengetik cepat.

 

 

PENDAHULUAN

Latar Belakang

      Sudah menjadi kenyataan dan tidak dapat dipungkiri bahwa komputer mempunyai peranan penting didalam berbagai bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan. Bidang pendidikan merupakan titik sentral dalam pembentukkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Pemerintah Indonesia telah menetapkan wajib belajar 9 tahun dimulai dari Sekolah Dasar (SD) selama 6 tahun dan dilanjutkan ke Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) selama 3 tahun. Pada umumnya seorang anak mulai sekolah ditingkat SD pada usia 6 tahun, namun kita juga perlu memperhatikan pendidikan anak-anak sedini mungkin yaitu jika anak sudah berumur 3 tahun dapat dimasukkan ke dalam Kelompok Bermain (Play Group) dan jika telah berumur 4-5 tahun dapat dimasukkan kedalam Taman Kanak-Kanak(TK).

Pendidikan anak pada usia dini sangat diperlukan karena pada tahap tersebut sistem pengajaran akan mempengaruhi tingkah laku dan pola berfikir anak. Rasa keingintahuan anak akan timbul jikala ia menemukan sesuatu hal yang baru dan ada kecenderungan ingin mencoba hal tersebut, pada saat itulah seorang anak perlu bimbingan yang tepat. Membaca dan menulis adalah satu hal yang sangat fundamental bagi seorang anak sebelum ia mempelajari hal yang lain.

Sampai sekarang media yang sering digunakan dan masih tetap dipergunakan adalah buku dan alat tulis, selain dengan buku media televisi juga dapat dipergunakan. Ada beberapa acara televisi yang menyiarkan program untuk anak-anak dalam mengenal huruf dan membaca seperti acara Sesame Street, namun salah satu kelemahannya adalah kita harus menyesuaikan waktu kita dengan jam tayang dan episode yang ditayangkan. Kita dapat memanfaatkan teknologi lain yang sedang berkembang pesat yaitu komputer. Perkembangan teknologi telah membuat mesin tersebut bukan hanya sebagai alat hitung dan pemprosesan data saja tapi juga dapat dipergunakan sebagai multimedia dan salah satunya dapat dimanfaatkan didalam dunia pendidikan.

Seorang anak bisa membaca, menulis dan berhitung dapat lebih interaktif dengan menggunakan komputer. Gambar yang ditampilkan dapat lebih menarik jika dibandingkan dengan hanya menggunakan media buku atau papan tulis. Oleh karena itu penulis mencoba membuat program yang dapat dipergunakan sebagai sarana untuk pembelajaran anak-anak didalam mengenal huruf . Didalam program ini selain gambar yang dinamis yang disertai animasi juga menggunakan musik dan efek suara yang dapat memberi contoh kepada pengguna (user) dalam menyebutkan sebuah huruf. Dan secara tidak langsung anak mulai diperkenalkan dengan komputer dan cara penggunaannya, seperti ia dapat menggerakkan mouse, meng-klik tombol mouse ataupun mengetahui letak tombol-tombol keyboard khususnya tombol-tombol huruf (alphabet) yang diharapkan nantinya mereka dapat mengetik cepat.

 

Rumusan dan Batasan Masalah

Masalah utama dalam software ini adalah bagaimana user dapat mengenal atau bagaimana bentuk huruf-huruf alphabet dan bagaimana cara menulis huruf-huruf tersebut secara efisien.

 

Tujuan

 

Tujuan pembuatan software “Writing and Spelling ” ini agar membantu bagi para pemilik komputer mengenali huruf-huruf alphabet dan bagaimana cara menulis atau mengetik dikomputer.

 

Manfaat Penelitian

 

Membantu mengenali huruf-huruf alphabet dan bagaimana cara menulis huruf tersebut kepada user pemilik komputer.

 

METODE PENELITIAN

Objek

Dalam proyek ini kami mengunjungi taman kanak-kanak  dan pengajar-pengajar taman kanak-kanak di Jakarta sebagai bahan observasi kami dalam percobaan akurat atau tidaknya software yang telah kami ciptakan ini 8 dari 10 anak dan 4 pengajar yang kami gunakan sebagai bahan observasi mencoba menggunakan software ini selama 2 bulan dan hasilnya mereka setuju bahwa dengan menggunakan “Writing and Spelling” mereka dapat lebih mudah mengetahui huruf-huruf alphabet dan bagaimana cara menulis huruf tersebut dan bagi pengajar lebih mudah mengajarkan kepada anak-anak TK.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

http://carapedia.com/kata_pengantar_proposal_info316.html

http://merahitam.com/contoh-proposal.html

http://www.scribd.com/doc/2235912/contoh-proposal


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: