Proposal penulisan ilmiah software Writing and Spelling

24 12 2011

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

 

Sudah menjadi kenyataan dan tidak dapat dipungkiri bahwa komputer mempunyai peranan penting didalam berbagai bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan. Bidang pendidikan merupakan titik sentral dalam pembentukkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Pemerintah Indonesia telah menetapkan wajib belajar 9 tahun dimulai dari Sekolah Dasar (SD) selama 6 tahun dan dilanjutkan ke Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) selama 3 tahun. Pada umumnya seorang anak mulai sekolah ditingkat SD pada usia 6 tahun, namun kita juga perlu memperhatikan pendidikan anak-anak sedini mungkin yaitu jika anak sudah berumur 3 tahun dapat dimasukkan ke dalam Kelompok Bermain (Play Group) dan jika telah berumur 4-5 tahun dapat dimasukkan kedalam Taman Kanak-Kanak(TK).

Pendidikan anak pada usia dini sangat diperlukan karena pada tahap tersebut sistem pengajaran akan mempengaruhi tingkah laku dan pola berfikir anak. Rasa keingintahuan anak akan timbul jikala ia menemukan sesuatu hal yang baru dan ada kecenderungan ingin mencoba hal tersebut, pada saat itulah seorang anak perlu bimbingan yang tepat. Membaca dan menulis adalah satu hal yang sangat fundamental bagi seorang anak sebelum ia mempelajari hal yang lain.

Sampai sekarang media yang sering digunakan dan masih tetap dipergunakan adalah buku dan alat tulis, selain dengan buku media televisi juga dapat dipergunakan. Ada beberapa acara televisi yang menyiarkan program untuk anak-anak dalam mengenal huruf dan membaca seperti acara Sesame Street, namun salah satu kelemahannya adalah kita harus menyesuaikan waktu kita dengan jam tayang dan episode yang ditayangkan. Kita dapat memanfaatkan teknologi lain yang sedang berkembang pesat yaitu komputer. Perkembangan teknologi telah membuat mesin tersebut bukan hanya sebagai alat hitung dan pemprosesan data saja tapi juga dapat dipergunakan sebagai multimedia dan salah satunya dapat dimanfaatkan didalam dunia pendidikan.

Seorang anak bisa membaca, menulis dan berhitung dapat lebih interaktif dengan menggunakan komputer. Gambar yang ditampilkan dapat lebih menarik jika dibandingkan dengan hanya menggunakan media buku atau papan tulis. Oleh karena itu penulis mencoba membuat program yang dapat dipergunakan sebagai sarana untuk pembelajaran anak-anak didalam mengenal huruf . Didalam program ini selain gambar yang dinamis yang disertai animasi juga menggunakan musik dan efek suara yang dapat memberi contoh kepada pengguna (user) dalam menyebutkan sebuah huruf. Dan secara tidak langsung anak mulai diperkenalkan dengan komputer dan cara penggunaannya, seperti ia dapat menggerakkan mouse, meng-klik tombol mouse ataupun mengetahui letak tombol-tombol keyboard khususnya tombol-tombol huruf (alphabet) yang diharapkan nantinya mereka dapat mengetik cepat.

 

 

 

 

 

 

1.2.Identifikasi Masalah

Software “Writing and Spelling” dirasakan sangat membantu bagi para pemilik komputer untuk mengajarkan anaknya menulis atau mengetik juga membaca dengan sangat cepat. Pada software ini user dapat mengetahui mengenal alphetical dan mengajarkan kepada anak-anak yang belum pandai membaca.

 

1.3. Batasan Masalah

Dalam penulisan ilmiah ini penulis membatasi pengguna software ini adalah anak-anak yang baru mulai belajar membaca dan mengenal huruf yaitu anak pada usia sekitar 4 sampai 7 tahun yang berada ditingkat TK dan SD kelas 1. Didalam penggunaannya mungkin seorang anak perlu didampingi oleh guru atau orang tua untuk membimbing cara penggunaannya minimal untuk penggunaan yang pertama kali. Dan diharapkan setelah menggunakan software ini anak telah dapat mengenal huruf dan mengetahui cara penggunaan mouse dan letak tombol-tolmbol alphabet pada keyboard.

 

1.4.Rumusan Masalah

Masalah utama dalam software ini adalah bagaimana user dapat mengenal atau bagaimana bentuk huruf-huruf alphabet dan bagaimana cara menulis huruf-huruf tersebut secara efisien.

 

1.5.Tujuan Software

Tujuan pembuatan software “Writing and Spelling ” ini agar membantu bagi para pemilik komputer mengenali huruf-huruf alphabet dan bagaimana cara menulis atau mengetik dikomputer.

 

1.6.Manfaat Software

Membantu mengenali huruf-huruf alphabet dan bagaimana cara menulis huruf tersebut kepada user pemilik komputer.

 

 

BAB II

LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS

 

2.1. Landasan Teori

Sebagaiman telah kami sampaikan untuk membuat software ini kami menggunakan program flash . Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.

Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama ‘Macromedia’ adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.

 

 

 

2.2. Hipotesis

Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya.

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

3.1. Tempat dan Waktu Penelitian

Semua proyek pengembangan dan pengerjaan software ini dikerjakan dikantor kami yang beralamat di JL. Masjid kampung sawah ragunan Jakarta selatan. Dan semua proyek ini dikerjakan dari awal tahun 2008 dan selesai pada tahun 2008 dengan waktu penyelesaian kurang lebih 2 tahun.

 

3.2. Metode Penelitian

Dalam proyek ini kami mengunjungi taman kanak-kanak  dan pengajar-pengajar taman kanak-kanak di Jakarta sebagai bahan observasi kami dalam percobaan akurat atau tidaknya software yang telah kami ciptakan ini 8 dari 10 anak dan 4 pengajar yang kami gunakan sebagai bahan observasi mencoba menggunakan software ini selama 2 bulan dan hasilnya mereka setuju bahwa dengan menggunakan “Writing and Spelling” mereka dapat lebih mudah mengetahui huruf-huruf alphabet dan bagaimana cara menulis huruf tersebut dan bagi pengajar lebih mudah mengajarkan kepada anak-anak TK.

 

3.3. Teknik Analisis Data

Dalam ha lini kami menggunakan teknik analisis data kualitatif , kami mencari dan menyusun secara sistematis data yang kami peroleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi melalui cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun ke dalam pola, mengklasifikasikan hal-hal penting dan akan dipelajari dan membuat kesimpulan.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: