PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

3 05 2011

Di abad ke 20 ini perkembangan teknologi sudah sangat maju sekali, jika kita memutar ulang kembali teknologi di abad ke 19 dan membandingkan dengan abad ke 20 banyak sekali kemajuan-kemajuan yang pesat dari hal-hal yang kecil contohnya alat-alat rumah tangga sampai alat komunikasi yang kita pakai sekarang ini.

Di abad ke 19 teknologi mulai berkembang, dimulai dari penemuan-penemuan kecil sampai penemuan-penemuan besar yang bermanfaat dan dikembangkan sampai sekarang ini. dari penemuan Alexander graham bell, Isaac newton, sampai albert Einstein dengan penemuan atomnya.

Perkembangan teknologi didasari atas rasa ketidakpuasan manusia akan suatu hal yang selalu ingin dikembangkan dan diperbaharui. Manusia selalu berpikir dan selalu mencoba untuk membuat suatu alat guna mempermudah pekerjaannya. Mungkin orang-orang pada zaman dahulu tidak pernah membayangkan akan perkembangan teknologi yang begitu cepat seperti halnya sekarang ini dari teknologi alat rumah tangga sampai teknologi industri yang sudah sangat maju untuk sekarang ini.

kita ambil contoh dari hal kecil saja yaitu alat komunikasi yang kita pakai sekarang ini, telepon yang dulunnya menggunakan kabel yang panjang dan hanya bisa menjangkau beberapa puluh meter ataupun ratusan meter, sekarang dapat menyambungkan kita sampai puluhan bahkan ratusan kilometer dan dengan tidak menggunakan kabel. Dari tampilan dan fitur yang sangat sederhana sampai dengan tampilan dan fitur yang dapat membantu kehidupan kita sehari-hari. Telepon yang kita gunakan sekarang ini sudah banyak yang dapat menyambungkan kedalam dunia maya. Begitu pesatnya perkembangan teknologi yang kita rasakan sekarang ini ?

itu baru sebagian kecil perkembangan teknologi yang kita rasakan, bagaimana dengan awal mulanya komputer ? yang merupakan project tentara amerika yang hanya untuk mengirim dan menterjemahkan sandi-sandi dan juga memiliki ukuran yang besar. Jika dibandingkan dengan sekarang komputer yang kita miliki, dalam waktu yang sangat signifikan perkembangan komputer sudah sangat pesat bahkan dengan koneksi internet yang menyambungkan kita kenegara-negara lain, bertatap muka dengan orang-orang yang berada dibelahan dunia lainnya. Dengan media internet kita juga dapat mendapatkan informasi-informasi terbaru dan pelajaran-pelajaran yang baru.

Akan tetapi jika perkembangan teknologi tidak disesuaikan dengan sumber daya manusia akan menjadi sia-sia dan tidak berguna. Terkadang perkembangan teknologi disalah gunakan oleh tangan manusia-manusia yang jail contohnya membobol bank dengan menggunakan jaringan internet, mencuri data-data suatu lembaga ataupun yang lainnya. Maka dari itu perkembangan teknologi harus dibarengi dengan perkembangan sumber daya manusia dan sikap yang bijaksana dalam menggunakan teknologi yang baru ataupun berkembang agar dapat bermanfaat bagi kita semua.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: