Juli,tarif kereta api mengalami kenaikan

31 03 2011

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menunda pemberlakuan single operation, yang mengharuskan seluruh rangkaian kereta Jabodetabek tak terkecuali kereta ekspres berhenti di setiap stasiun. Kebijakan yang sedianya berlaku mulai 1 April, ditunda hingga bulan Juli tahun ini.

Menurut Corporate Secretary PT KAI Commuter Jabodetabek, Makmur Syaheran, perubahan pola operasi perjalanan KRL ditunda dengan mempertimbangkan kondisi dan kapasitas prasarana dan sarana yang belum memadai.

Selain itu, pihaknya juga masih memerlukan waktu untuk melakukam sosialisasi terhadap aturan baru ini. “Perubahan pola ini perlu waktu, sehingga konsumen bisa memahami,” kata Makmur di kantornya, Jakarta, 31 Maret 2011.

Dengan berlakunya pola single operation pada Juli mendatang, hanya ada dua kereta yang dijalankan yaitu kereta ekonomi yang mendapat subsidi dari pemerintah dan kereta Commuter Line yang nonsubsidi.

Seperti diketahui, saat ini PT KAI menjalankan tiga jenis kereta, yaitu ekonomi, ekonomi AC, dan ekspres. Dua layanan terakhir akan dihapus dan digantikan Comutter Line.

Untuk kereta ekonomi, pengelolaan dan pengoperasiannya akan dilakukan PT KAI, sedangkan untuk kereta Commuter Line, dilaksanakan oleh anak PT KAI Commuter Jabotabek, anak perusahaan PT KAI.

Harga karcis kereta ekonomi tidak mengalami kenaikan yaitu dengan tarif Rp1000 hingga Rp2000. Sedangkan kereta Commuter Line untuk tujuan Bogor-Jakarta (Rp9000), rute Bekasi-Jakarta Kota (Rp8000), dan tujuan Manggarai-Serpong (Rp8000).

Sementara itu, pada akhir 2011 ini juga akan terjadi perubahan rute perjalanan. Dari yang semula 37 tujuan, akan menjadi 5 rute, termasuk penerapan sistem ‘circle line’ untuk lintas tengah.

Kelima rute tersebut adalah:
Rute 1: Bogor – Manggara – Tanah Abang –  Duri – Jakarta Kota – Jatinegara PP
Rute 2: Parung Panjang – Serpong – Tanah Abang PP
Rute 3: Tangerang – Duri PP
Rute 4: Tanjung Priok- Jakarta Kota PP
Rute 5: Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Jakarta Kota

dilansir dari vivanews.com


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: