KONFLIK ANTAR INDIVIDU

21 10 2010

KONFLIK

PENGERTIAN KONFLIK

Konflik adalah suatu proses sosial dalam kehidupan sehari-hari yang sering terjadi didalam diri sendiri, orang lain, kelompok dimana salah satu ingin mengalahkan atau menjatuhkan pihak lain dan membuatnya tidak berdaya.

LATAR BELAKANG TERJADINYA KONFLIK

Konflik terjadi karena adanya perbedaan ciri-ciri individu, pola pikir, adat istiadat,  pendapat, keyakinan, dan lain-lain. Dengan diikut sertakannya ciri-ciri  fisik, adat istiadat, dan keyakinan didalam interaksi social maka sangat wajar dinegara kita sering terjadi konflik  karena banyak bermacam suku dan adat istiadat, juga keyakinan.

JENIS-JENIS  KONFLIK

  • konflik antara atau dalam peran sosial (intrapribadi), misalnya antara peranan-peranan dalam keluarga atau profesi (konflik peran (role)).
  • konflik antara kelompok-kelompok sosial (antar keluarga, antar gank).
  • konflik kelompok terorganisir dan tidak terorganisir (polisi melawan massa).
  • konflik antar satuan nasional (kampanye, perang saudara).
  • konflik antar atau tidak antar agama.
  • konflik antar politik.

Konflik juga dapat dibedakan menurut pihak-pihak yang saling bertentangan. Atas dasar hal ini , ada 5 jenis konflik , yaitu :

a.         Konflik dalam diri individu.

b.         Konflik antar individu.

c.         Konflik antar individu dan kelompok.

d.         Konflik antar kelompok dalam organisasi      yang sama.

e.         Konflik antar organisasi

KONFLIK ANTAR INDIVIDU

Dalam kehidupan sehari kita selalu merasakan konfllik antar individu, atau suatu perbedaan pendapat atau pola piker kepada orang lain tapi itu merupakan proses pendewesaan diri dan dapat dijadikan sebagai pengalaman dalam hidup kita. Dalam menghadapi konflik juga terdapat strategip-strategi penyelesainnya

Strategi Penyelesaian Konflik

Ada 3 strategi dasar :

  1. Kalah – kalah
  2. Menang – kalah
  3. Menang – menang.

Contoh kasus :

Suatu hari kita sedang mengadakan rapat untuk mengadakan acara musik dan sedang mendiskusikan tema apa yang sesuai, ketika kita mengusulkan tema ternyata ada salah satu anggota tidak setuju dengan tema kita. Kita dapat menggunakan strategi dalam penyelesainnya, apabila kita menggunakan strategi :

  1. Kalah – kalah  maksudnya masing-masing kedua pihak dikalahkan tidak ada satupun yang menang , cara seperti ini tidaklah efektif karena kedua belah pihak merasa tidak puas dengan keputusan seperti ini dan dapat menimbulkan masalah baru.
  2. Menang – kalah  maksudnya disini dimana salah satu pihak ada yang dikalahkan dan ada yang dimenangkan, cara penyelesaian seperti ini tidak efektif karena disalah satu pihak ada yang merasa kecewa dan dapat menimbulkan masalah baru.
  3. Menang – menang maksudnya disini dimana kedua pihak dimenangkan atau diambil kedua pendapatnya, cara seperti ini sangatlah efektif karena tidak ada yang merasa dikecewakan.
About these ads

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: